Oleh: rioardi | Maret 31, 2009

Dua Gajah Patroli Hutan Tewas Ditembak

60871_gajah_lampung_thumb_300_2252VIVAnews – Dua Gajah Sumatera tewas terbunuh di Taman nasional Kerinci, Sumatera. Jasad kedua gajah betina berusia 20 tahun itu ditemukan sekian ratus meter dari pos patroli taman nasional, pagi ini. Sebutir peluru bersarang di kepala masing-masing gajah.

Apa motif penembakan tersebut masih diselidiki. Namun, “para penembak diduga profesional,” kata Kepala Konservasi, Andi Basrul, seperti dikutip dari AP, Selasa 31 Maret 2009.

Andi Basrul menduga, dua gajah itu jadi sasaran kekesalan para pembalak liar yang beroperasi di taman nasional. Para pembalak liar itu lantas memerintahkan penembak profesional membunuh keduanya.

Gajah-gajah tersebut bisa jadi dianggap sebagai penghalang aksi para pembalak liar yang ingin menebangi semua kayu dan mengubah lahan taman nasional menjadi perkebunan kelapa sawit. Sebab, dua gajah itu adalah kendaraan para polisi hutan ketika melakukan patroli memburu para pembalak liar maupun pemburu satwa.

“Dua gajah itu terbunuh awal minggu lalu setelah berpatroli, saat itu polisi hutan sedang tidur,” kata Basrul.

Kematian dua gajah itu sangat disayangkan, tak hanya oleh polisi hutan yang merasa terbantu. Kematian keduanya juga kehilangan berarti bagi ekosistem Gajah Sumatera yang saat ini tinggal 3.000 ekor.

Habibat gajah makin menipis karena aksi pembalakan liar dan pembabatan hutan. Akibatnya konflik antara gajah dan manusia kerap terjadi. Saat ini ada 20 gajah yang tinggal di Pusat Pelatihan Gajah Seblat di dalam kompleks taman nasional. Empat diantaranya digunakan untuk patroli, termasuk dua gajah betina yang tewas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: