Oleh: rioardi | Maret 29, 2009

Beberapa Jenis-jenis Makhluk Halus Di Jawa

Medhon

Medhon adalah hantu atau setan yang berwujud putih seperti pocong, akan tetapi dapat menjadi panjang atau bahkan bisa mengecil. Medhon biasanya berada di kerumunan bambu. Ia memiliki ludah yang bisa membuat orang mati dan tubuh korbannya berbintik-bintik hitam.

Danyang

Danyang adalah penunggu suatu daerah tertentu yang sudah menetap lama—penunggu suatu tempat—contohnya punden dan tempat-tempat keramat. Biasanya Danyang ini sulit diusir bahkan kadang-kadang dijadikan identitas suatu daerah. Ada salah penafsiran tentang danyang biasanya orang-orang mengatakan danyang adalah roh pendiri tempat tersebut misal suatu desa A dengan danyang A. Akan tetapi itu salah, Danyang merupakan iblis yang sulit diusir sehingga seorang pendiri kampung biasanya membiarkannya tetap disitu istilah jawanya sisihan enggon. Danyang sering disertai macan putih sebagai kendaraannya.

Bajang Angkrik

Bajang Angrik adalah setan yang dapat menyamar, wujud sebenarnya berupa seorang tambun kerdil yang berkepala kecil. Tapi dia bisa menyamar sebagai apa saja biasanya berupa perampok, begal dll. Sebenarnya ia tidak berbahaya hanya menguji keimanan saja terutama para pertapa.

Onggo Inggi

Setan ini memiliki siung panjang dan lidah panjang, rambut gimbal dan menyeramkan biasanya bertempat di rawa-rawa. Setan yang satu ini sangat menakutkan karena meminum darah manusia

Keblek

Keblek adalah setan yang sebenarnya adalah jejadian saja seperti halnya babi ngepet. Bentuknya seperti kelelawar dan berperut tambun hingga menyentuh tanah hingga menimbulkan suara Blek!1 Blek!!! Blek!!! Dan memang ia bisa menyedot harta benda orang yang rumahnya didatangi. Biasanya dibelakang rumah terdengar suara Blek!!! Blek!! Blek!!! Dan tahu-tahu harta didalam rumah hilang. Ia dikategorikan setan pencuri.

Tuyul

Setan ini sangat populer, bahkan ada seminar yang membahas tentang tuyul. Tuyul adalah setan yang memiliki tuan yang makanannya adalah ASI dari tuannya. Ia dikategorikan juga sebagai setan pencuri.

Thethekan

Setan yang satu ini sangat menghibur tapi orang-orang juga sering takut. Belum ada yang mengetahui wujudnya. Karena hanya berupa suara berirama seperti kentongan. Atau pukulan-pukulan pada bambu. Yang ditakutkan orang-orang karena setan ini usil sering melempar kerikil atau batu yang tak tahu entah darimana datangnya.

Banaspati

Banaspati berupa api yang berkobar seperti manusia yang di penuhi api. Ia sering juga mengganggu manusia menyerang dan meminum darahnya, sehingga dikategorikan setan pengganggu

Gendruwo

Setan yang satu ini sangat populer juga. Biasa berada di pohon-pohon besar dan sering mengganggu perempuan. Wujudnya tinggi besar dan berbulu dia juga bisa menyamar sebagai suami orang, sehingga seorang istri tertipu melayaninya. Maka tak ayal kadang ada anak dari seorang ayah gendruwo. Dan dia gemar menculik orang, sehingga ia sangat dibenci oleh siapapun karena tindakannya yang jahil.

Kemamang

Wujudnya api berkobar bulat dan menghuni daerah-daerah datar, seperti padang rumput luas, persawahan, dan kebun-kebun. Ia tidak berbahaya dan sering muncul ketika persawahan habis panen. Jika dicermati lama-lama menjadi sangat besar. Dan sekali lagi jangan dituding atau diperhatikan karena lama kelamaan malah menjadi besar jika tidak dihiraukan ia akan hilang dengan sendirinya.

Kalasrenggi

Kalasrenggi ini mirip tokoh wayang, akan tetapi dia disebut sebagai setan penolong misalkan anda jatuh tiba-tiba tidak jadi. Anda lupa kemudian tiba-tiba ingat. Punya firasat tidak enak tentang sesuatu dan kejadian beneran. Wujudnya berambut gimabal berbadan tambun dan tinggi besar atau bisa juga seperti kakek-kakek. Tapi ia sangat jarang menampakkan diri.

Wewe

“Hati-hati jangan main disungai bisa diculik wewe!!!” Begitu cara ibu-ibu jaman dahulu menasehati anak-anaknya agar tidak bermain ditepi sungai. Biasanya ia malah muncul di tengah hari berupa nenek-nenek berambut gimbal berbaju compang-camping dan suka menyanyi nyanyi. Dia juga berbahaya karena suka menculik anak-anak.

Cumplung Atau Jerangkong

Jerangkong berupa tengkorak manusia yang tinggal kepalanya sahaja. Uniknya ia bersuara seperti ayam. Kruk!!! Kruk!!! Kruk!!! Tempat-tempat yang lebat dan rimbun yang disukainya. Seperti di hutan dan dibawah pepohonan. Seperti halnya hantu kepala ia kadang-kadang menyamar menjadi buah dari pohon tersebut.

Blorong

Blorong adalah setan berwujud ular berkepala wanita. Tempatnya biasa dibebatuan, persawahan, atau tepi-tepi sungai yang rimbun, goa. Blorong bukan hanya Nyi Blorong itu saja tapi Blorong adalah jenis setan yang Berbadan ular berkepala manusia.

Truna Lele

Truna Lele adalah lele yang tidak berdaging seperti halnya ikan, ia berada di sungai-sungai. Ada cerita sejarah yang menarik tentang Truna Lele. Dahulu Sunan kalijaga lapar kemudian mendapat seekor lele, ia membakarnya tapi tidak sampai menghabiskannya karena kasihan ia dilepas lagi, anehnya ia tetap hidup meski tanpa daging. Dia sering disebut-sebut rajanya ikan lele.

jika ada yang kurang silahkan di tambahin…


Responses

  1. iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii srammmmmmmmmmmmmmm

  2. owwww….gitu

  3. ah gak ah,gak mungkin bisa ampe mati orang kena lelembut. ingatlah HIDUP MATIKU HANYA DITANGAN ALLAH SEMATA kalau aku gak percaya tentang setan yang dapat membunuh manusia.karna memanglah manusia lebih sempurna dari jin itu sendiri.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: