Oleh: rioardi | Maret 25, 2009

SAKSI SEJARAH ATAS KEPUNAHAN DINOSAURUS, KOMODO DRAGON

komodo1Komodo adalah reptil darat terbesar di dunia. Hewan ini termasuk hewan yang terancam punah karena hewan ini merupakan hewan endemik. Endemik berarti, hewan ini hanya hidup di wilayah tertentu. Komodo hanya hidup di sebuah pulau yang bernama Pulau Komodo, Indonesia.

Komodo termasuk jenis hewan karnivora, hewan ini memiliki bentuk lidah yang agak memanjang dan bercabang dua pada ujungnya mirip lidah ular. Penelitian menunjukkan bahwa ujung lidah yang bercabang ini berfungsi untuk “mengecap” makanannya. Hewan ini biasanya membuat sarang di bawah tanah.

Komodo merupakan hewan yang sangat unik karena ia memiliki dua cara untuk bereproduksi. Pertama, dengan cara fertilisasi (pembuahan) diantara komodo jantan dan komodo betina. Cara ini merupakan cara reproduksi seksual. Cara kedua adalah dengan melalui “Parthenogenesis”. Cara ini membuat seekor komodo betina menjadi hamil tanpa melalui proses pembuahan. Akan tetapi, “parthenogenesis” mengakibatkan semua telur yang dilahirkan melalui “parthenogenesis” akan menjadi komodo yang selalu berjenis kelamin jantan. “Parthenogenesis” diperkirakan berfungsi untuk mencegah kepunahan komodo.

Banyak orang mengatakan, komodo adalah kerabat dekat dari dinosaurus. Hal ini dilihat dari ditemukannya fosil-fosil dari jenis dinosaurus tertentu yang menunjukkan kemiripan struktur tubuh dengan komodo. Diperkirakan komodo merupakan salah satu dari berbagai “fosil hidup” dan saksi sejarah atas kepunahan dinosaurus. Jika hal ini benar, kemungkinan besar, sistem reproduksi parthenogenesis inilah yang menyebabkan bertahannya spesies ini dari ancaman kepunahan. Sekarang, jumlah populasi komodo sangat kecil, dan spesies ini telah tercatat sebagai salah satu dari ratusan spesies hewan yang terancam punah.

vote-komodoajakan: kepada teman-teman yang mengunjungi blog ini yuk kita dukung taman nasional pulau komodo untuk menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia baru yuk caranya klik link atau buka site dibawah ini:

http://www.new7wonders.com/


Responses

  1. I’m new to this blog. Apologize for asking this though, but to OP…
    Do you know if this can be true;
    http://www.bluestickers.info/ringtones.php ?
    it came off http://ringtonecarrier.com
    Thanks🙂

  2. Q suka liat hwn karnivora loh itu pell IPA sengajah aku slalu liat hwn KARNIVORA cita-cita q mau menjadi DOCTOR ???

  3. Sebelumnya, mohon maaf untuk 1 permohonan ini. Mohon tambahkan sumber artikel. Terima kasih banyak.

  4. […] Blog Riorardi […]

  5. selamatkan kepulauan KOMODO dari eksploitasi penambangan emas sekaang

  6. Q s9T sEtUju,jika koModo mEnjadi gBuN9an 7 Keajaiban dunia,,qTa hrS jg pUlau koMoDo d lestarikan

  7. Ho do we support the komodo island to be one of the seven wonders in the world?????????
    Because there are some people would like move the komodo dragon to the another island.
    And they would like to build a company in West Flores (Manggarai), so…..for this case i think we will lost komodo in komodo island. Just have an empty island without komodo and i hope government let us together to resolve this problem!!!!!!!!!!!!!

  8. dukung donk pulau comodo jd 7keajaiban dunia yang baru,n tetep jg kelestriannya

  9. setuju,kita harus menjaga, JANGAN …… mpe punaaaaaaaah coooy KALAU punahh, sayang kan… gue stuju tuhh trmsk 7 kjban dunnniaaaa

  10. kita harus memberikan dukungan yg sbsr2nya untuk komodo,binatang langkah yg satu ini, biar dia masuk 7 keajaiban dunia….klu saya,..ya dukungannya sdh 100% cx komodo kan dari daerah kelahiran ku….hehehe

  11. YAH NAMA X JGA KEPUNAHAN !!!!!!!!!! ^_^

  12. selamatkan komodo………….selamatkan.dari kepunahan………….selamatkan pulau komodo…….dan saya dukung sepenuhnya pulau komodo untuk jadi salah satu keajaiban dunia..bravoooo

  13. W setuju bgt gan. . .
    Mendingan qt lestariin apa eang menjadi kebanggaan negara qt. . .
    Walaupun toh g jd msuk 7 keajaiban dunia. . . Toh qt msh bangga punya bntang eang cuma ad d indonesia. . . .
    Intinya gmana caranya supaya komodo tetep idup ampe anak cucu qt. . . Setuju. . .
    (bhasa w dah kaya anggota legislatip)
    jgn lupa mampir ea ke http://www.bwoxz.co.cc

  14. ayo kta kta lindungi dr ancmn kpunhan

  15. …………….

  16. kalo jd 7keajaiban dunia,kita pasti bangga ,dan juga boleh minta penjelasan apa arti fosil hidup?

  17. pasti dong saya tetap dukung,.,.,.,.

  18. jaga komodo,ya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    jangan sampe punah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    vote yang banyak bwt komodo
    biar komodo jadi 7 keajaiban duia
    ooooooooooooooooooooooooccccccccccccccccccccccccc

  19. saya cayank salma cinta ku

  20. saya juga cayank syahril ku

  21. dinosaurus am nabi adam AS dlu mna ..??????

  22. wes serru ceriyanya ….
    eh ada yang tau ngga dinosaurus sama nabi ad am lahir nya dulu mana ???

  23. baguZzz………
    aq setuju banget.
    yang namanya hampir punah kan harus di SELAMATKAN!!!!!!!!!!!!!!!!
    Ayo kita dukung pelestarian KOMODO.

  24. selamanya tidak akan kubiarkan komodo punah
    kita harus menjaga kelestarian alam di pulau komodo

  25. Setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…………………

  26. kemodo harus……dilestarikan……

  27. […] Mengapa Dinosaurus PunahSAKSI SEJARAH ATAS KEPUNAHAN DINOSAURUS, KOMODO DRAGON […]

  28. kenapa dinosaurus hrus pnh pdhal dinosaurus bsa di jdikan tmn.ak pling ska berteman dngn singa,leopard,harimau,kucing,brung ap sja lha,banteng,bison,kerbaau

  29. gw gg mau klo komodo yng hrus mnjadi 7 keajaiban dnia hruz nya smua hwn yng hmpirrrrrrrrrrrrr punah……………..

  30. kakak.. aku copy karya kk yah?🙂 hehe

  31. dukung terus komodo !!!!

  32. dinosaurus terakhir yang punya indonesia horeeeeeeeeeeeee

  33. apa masih ada dinosaurus asli indonesia selain komodo ?

  34. kereeeeeeeeeeeeeeeeen

  35. harusnya komodo di jaga karena komodo adalah satu2nya dinosaurus yang ada di indonesia.

  36. komodo hanya satu yaitu di indonesia maka dari itu kita hrus mnjga agar hewan ciri khas kita ini tidak terjadi kepunahan

  37. dengar2 komodo terancam punah ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: