Oleh: rioardi | Maret 23, 2009

Uniknya Hewan Amfibi

Hei, apa yang membedakan hewan amfibi dari reptil?

Reptil dan amfibi bisa jadi terlihat sangat mirip, tapi tentu saja ada perbedaannya. Amfibi biasanya terlihat (dan dirasakan) lebih berlumpur, sedangkan hewan yang tergolong reptile biasanya akan memiliki kulit tubuh yang kering, terdiri atas lapisan sisik yang keras. Beberapa jenis hewan tinggal di air, dan sebagian lagi tinggal di daratan. Sementara bagi Amfibi, menjadi bagian kehidupan darat atau air adalah pilihan. Katak, kodok, dan salamander (jenis kadal) adalah beberapa jenis hewan Amfibi.
amfibianspng1-jpg

Seperti kebanyakan hewan Amfibi lainnya, katak meninggalkan telurnya di air. Berudu atau kecebong yang kecil akan menetas dari telur tersebut dan bernafas di dalam air, layaknya ikan. Berudu ini lantas berkembang dan mengalami perubahan. Kaki mereka tumbuh dan bisa melompat ke daratan. Mereka mulai bernafas di udara. Ekornya lalu memendek, dan menghilang.

salamanderpng

Sedangkan kadal, adalah satu-satunya hewan Amfibi yang memiliki ekor panjang. Jika diserang oleh hewan lain, kadal bisa memutuskan ekornya untuk tujuan kamuflase. Ekor ini akan meliuk-liuk untuk mengalihkan pandangan si musuh, lalu kadal pun selamat! Kemudian, seiring berjalannya waktu, kadal akan memiliki ekor baru.

Ada satu hewan amfibi yang paling aneh. Hewan ini tidak punya kaki atau ekor, disebut caecilians.

caecillianspng

Orang Jawa mungkin menyebutnya keluwing, tampak menyerupai cacing tanah dalam ukuran besar. Anehnya, mereka juga buta. Kebanyakan hewan ini tinggal di tanah yang gembur, sama seperti cacing. Tapi hewan ini memiliki tulang dan gigi. Hmm.. aneh tapi nyata ya


Responses

  1. hewan nya lucuu lucu
    gemez banget


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: