Oleh: rioardi | Maret 23, 2009

Srilanka Halau Tsunami dengan Piramid

tsunamiPemerintah bersama pihak terkait di Srilanka telah menyiapkan model piramid antisipasi bencana tsunami yang diberi nama “sarvodaya”. Model itu terkait sejumlah wilayah negara ini yang masuk “zona merah” tsunami.

Untuk siaga bencana, Srilanka menyiapkan model antisipasi “sarvodaya” menyerupai bagan piramid, kata senior project manager lembaga siaga bencana Sri Lanka

Hal itu disampaikannya pada Seminar Regional, dengan tema “Building Models For Disaster Preparedness” digelar UNESCO bersama LSM Komunias Siaga Tsunami (Kogami) Indonesia.

Srilanka mengirim utusannya untuk seminar itu sekaligus melakukan studi banding program kesiapsiagaan terhadap bencana oleh pemerintah dan masyarakat Kota Padang.

Srilanka termasuk satu dari enam negara Asia yang kena bencana gelombang tsunami pada Desember 2004.

Indika Samaratne menjelaskan, bagan piramid antisipasi bencana di negaranya terdiri dari empat gerakan, yakni penguatan secara fisik, pengetahuan, sosial dan ekonomi.

Keempat bagan piramit model itu menitik beratkan pada peningkatan lima dasar komunitas meliputi manusia, kelompok sosial, alam sekitar, fisik dan keuangan.

Sedangkan prioritas perencanaan dan penerapannya dilakukan dalam lingkungan setempat, bencana setempat, sistim lokal dan dukungan lingkungan luar, katannya.

Menurut dia, pelajaran yang dapat diambil dari pendekatan model tersebut yakni tindakan menyeluruh dan terintegrasi menjadi keharusan dalam kesiagaan terhadap bencana


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: