Oleh: rioardi | Maret 23, 2009

Seekor Gajah di Korea Bisa Berbicara

gajah

Ia bukanlah Dumbo Si Gajah Terbang, tokoh kartun Disney yang juga mampu berbicara layaknya manusia. Namun, seekor gajah jantan berusia 16 tahun di Korea Selatan dapat mengeluarkan suara yang mirip dengan empat kata dalam bahasa Korea yang berarti duduk, tidak, ya, dan berbaring.

Gajah bernama Kosik yang tinggal di taman hiburan Everland itu mengeluarkan kata-kata tersebut dengan cara meletakkan belalai di mulutnya dan menggoyangnya saat menghembuskan napas. Namun, belum dapat dipastikan apakah Kosik mengetahui arti dari kata-kata yang diucapkannya.

“Sulit bagi saya untuk mempercayainya ketika mengetahui pertama kali,” kata Kim Jong-gap, pawang yang menangani Kosik selama 10 tahun. Ia mendengar suara Kosik yang mirip dengan ucapan untuk pertama kalinya pada 2 tahun lalu.

“Saya tahu Kosik mengatakan sesuatu, lalu saya menyadari bahwa ia menirukan kata-kata saya,” katanya. Telah ada penelitian yang menunjukkan bahwa gajah dapat menirukan suara, namun baru kali ini ada klaim bahwa Kosik dapat meniru suara manusia.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat jurnal Nature setahun lalu, para peneliti menemukan bahwa gajah dapat belajar menirukan suara dalam hal ini suara truk. Kali ini, hasil pengukuran spektogram menunjukkan bahwa frekuensi suara yang dikeluarkan Kosik saat mengucapkan kata-kata tersebut mirip dengan suara pawangnya.

“Kami menduga Kosik belajar bicara karena ia menghabiskan waktu yang lama bersama pawangnya,” kata Kwon Su-wan, kepala taman hiburan. Pihaknya akan mempelajari lebih lanjut melibatkan pawang, dokter hewan, dan para ilmuwan untuk memastikan apakah Kosik memahami arti dari kata-kata yang diucapkannya.

Kosik memamerkan kemampuannya di depan publik mulai hari Sabtu (9/9) dalam taman hiburan yang terletak di Yongin, sekitar 48 kilometer sebelah Selatan Seoul.


Responses

  1. […] Visit Kosik – Gajah Yang Bisa Ngomong […]

  2. Subhanallah🙂.

  3. bisa nggak bicara pake bahasa indonesia?

  4. klo di ina ada ga yah/hehehe

  5. Gajah di Indonesia mah pada ngamuk

  6. Beneran nih gajah bisa ngomong…?
    Kalau beneran hebat dong…

  7. ahh…gjah bisa ngmng??
    brrt xmut jga bZa ngmng donk.wkwkw….100x

  8. aku pernah belajar introduction to linguistic n kayake binatang bisa bicara emang bener deh

    tapi butuh wktu yang lama emang

    jadi itu bisa ja bener

  9. wowwwww….

    subhanallah……

    “kiamat dah dkat” dunk

  10. masyaAllah,,,,,,,,,,,,,,, hebat bener tuh gajah

  11. 😦

  12. gajah disaya mah pada bisa makan doang

  13. hahahahd

  14. […] Kosik : Gajah ini memang ada di Zoo-Topia, salah satu kebun binatang yang ada di Everland Park yang dulu terkenal di Korea karena ia bisa belajar bahasa Korea. Ia bisa berbicara empat kata, ‘duduk‘, ‘berbaring‘, ‘ya‘, dan ‘tidak‘. Caranya dia naro belalainya didepan mulut sambil bernafas, terus keluar deh suaranya :) More about Kosik ? Click HERE. […]

  15. […] Kosik : Gajah ini memang ada di Zoo-Topia, salah satu kebun binatang yang ada di Everland Park yang dulu terkenal di Korea karena ia bisa belajar bahasa Korea. Ia bisa berbicara empat kata, ‘duduk‘, ‘berbaring‘, ‘ya‘, dan ‘tidak‘. Caranya dia naro belalainya didepan mulut sambil bernafas, terus keluar deh suaranya :) More about Kosik ? Click HERE. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: