Oleh: rioardi | Maret 23, 2009

Aih! Ada Lumba-lumba Warna Pink

lumba-lumbaLouisiana – Lumba-lumba berwarna pink? Ah, tidak mungkin. Tapi nanti dulu, ini bukan rekayasa genetik atau jadi-jadian. Seekor lumba-lumba berwarna pink muncul di sebuah danau air asin di Lousiana AS.

Lumba-lumba ini bukan sengaja dilumuri cat berwarna merah muda dalam atraksi untuk menarik perhatian. Ia mengidap kelainan genetik berupa albino. Uniknya, jika biasanya lumba-lumba albino berwarna putih, kali ini tidak, mamalia laut yang dikenal jinak ini malah berwarna pink.

Lumba-lumba dari jenis hidung botol itu pertama kali terlihat di Danau Calcasieu, Louisiana, AS pada 2007 oleh kapten kapal Erik Rue. “Ia terlihat normal dan sehat-sehat saja, ia malah cantik dengan warna merah muda cerah itu,” katanya seperti dikutip news.com.au, Selasa (10/3).

Menurut Administrasi Oseanografi dan Atmosferik Nasional AS (NOAA) serta Komunitas Konservasi Lumba-Lumba (DCS), pinky dolphin itu bukan khayalan Rue. Meski demikian, sejarah mencatat hanya ada 14 lumba-lumba albino dan semuanya berkulit putih, bukan merah muda yang cerah.

“Ketika pertama kali melihatnya, saya hanya memerhatikan sekelompok lumba-lumba sedang berenang. Saat memperhatikan dengan seksama, ternyata ada satu ekor yang lebih cerah. Warnanya merah muda dan merata di seluruh tubuhnya, sangat indah,” kisah Rue.

Si pinky ini diyakini satu-satunya lumba-lumba berwarna merah muda yang ada di dunia. Biasanya, ia terlihat dengan induknya yang normal dan berkulit abu-abu. Turis berbondong-bondong ke tempat itu dan menantikan si pinky muncul ke permukaan.

Pihak berwajib menyarankan agar manusia tak terlalu mendekati mamalia tersebut, untuk menjaga keaslian habitat sebagai bagian dari upaya konservasi. “Sebaiknya jangan terlalu dekat, jangan banyak melihatnya, mengejar, maupun membuatnya merasa terancam,” ujar ahli Konservasi Paus dan Lumba-Lumba setempat, Regina Asmutis-Silvia.

Penampakan lumba-lumba albino jenis hidung botol hanya dua kali didokumentasikan NOAA. Keduanya terlihat di Teluk Meksiko pada 1994 dan berwarna putih. Albino adalah kondisi genetis yang disebabkan kekurangan melanin dan terlihat pada banyak spesies, termasuk manusia.

Iklan

Responses

  1. Berita in yan g aku cari2 dari b eberapa minggu yang lalu…trim euy…

  2. coba spesis lumba-lumba pinh memang ada dan bukan karena albino, pasti lebih menarik dan lebih cepat punah karena dibiuru manusia

    si “lumba-lumba” yang senang berenag ber “lomba-lomba”

  3. beneran neh???
    padahal q pengen liat yg biru banget tuh
    atw warna pelangi sekalian 🙂

  4. […] Sumber: https://rioardi.wordpress.com/2009/03/23/aih-ada-lumba-lumba-warna-pink/ […]

  5. wow kayaknya gak percaya klo gak liat sendiri
    heheheheheh…………he

  6. ya itu beneran aku liat dibuku survifle ada tapi disungai amazon jarang lagi ditemuin nya jarang banget dah coba aja kegeramedia cari buku survifle di amazon

  7. […] albino berwarna putih, kali ini tidak, mamalia laut yang dikenal jinak ini malah berwarna pink. baca lanjutnya >> Ditulis dalam UncategorizedTags: binatang aneh, binatang berwarna pink, lumba – lumba warna […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: