Oleh: rioardi | Maret 22, 2009

Pompa untuk Anomali Cuaca

petaniDinas Pertanian dan Peternakan (Dispernak) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menyiagakan sejumlah pompa air untuk mengatasi dampak anomali cuaca yang dirasakan petani di wilayah mereka.

“Kita telah menyiagakan pompa air di setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dispernak, masing-masing sekitar lima unit,” kata Kepala Dispernak Kabupaten Cilacap Gunawan di Cilacap,

Petani yang telah terkena dampak anomali cuaca dapat meminjam pompa air tersebut untuk mengairi sawah mereka yang mengering. Dia mengakui, sebagian besar petani telah menerapkan sistem “pethuk”, yakni menyediakan sebagian lahan sebagai tempat pembibitan sebelum seluruh tanaman padi dipanen.

Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya kekeringan setelah padi dipanen. “Namun setelah bibit siap ditanam, persawahan sudah telanjur kering dan tanahnya mulai merekah. Ini memang di luar dugaan petani karena musim kemarau datang lebih cepat,” ujarnya.

Dispernak masih mendata area persawahan yang mengering akibat anomali cuaca. Ia mengatakan, salah satu area persawahan yang telah terkena dampak anomali cuaca adalah Kecamatan Adipala, tetapi dapat segera diatasi dengan pompa air. “Sebagian petani di Kecamatan Adipala telah mengairi sawahnya dengan pompa air yang dipinjam dari UPT setempat,” katanya.

Selain itu, Dispernak juga menginstruksikan petugas-petugas di lapangan untuk menyosialisasikan peringatan dari Badan Meteorologi dan Geofisika mengenai anomali cuaca agar petani waspada. Sementara bagi sawah non-irigasi teknis, pihaknya telah mengimbau petani untuk menanam tanaman palawija seperti jagung dan kedelai.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: