Oleh: rioardi | Maret 10, 2009

PENGHIJAUAN SAHARA DAN HUBUNGANNYA DENGAN AL-QUR’AN

gurun-saharaSahara adalah nama gurun terbesar di dunia. Sahara terletak di benua Afrika, tepatnya di dekat Mesir. Tempat ini disebut sebagai tempat terkering di dunia. Meskipun Sahara disebut sebagai tempat terkering di dunia, pada masa lalu, Gurun Sahara merupakan hutan yang luas, hal ini telah dibuktikan dengan adanya lukisan yang dilukis oleh manusia purba di dinding gua-gua yang menunjukkan bahwa dulunya Gurun Sahara merupakan hutan yang hijau. Selain itu, hal ini diperkuat dengan ditemukannya fosil-fosil yang teridentifikasi sebagai serbuk sari bunga. Hal ini tentu sangat disayangkan, karena hutan tersebut berubah menjadi Gurun Sahara hanya dalam kurun waktu 5.500 tahun. Kemungkinan besar penyebab perubahan tersebut adalah manusia yang hidup pada zaman tersebut.

Hal ini sangat mungkin karena pada 5.500 tahun yang lalu, manusia masih hidup dengan cara berburu, meramu, dan bercocok tanam (secara sederhana). Pada masa itu, mereka masih hidup nomaden (berpindah-pindah), oleh karena perburuan yang terus-menerus dan kegiatan bercocok tanam yang tanpa memperdulikan lingkungan sekitarnya (seperti pembakaran hutan untuk pembukaan lahan, ladang berpindah), Lingkunganpun menjadi tidak subur dan menjadi tandus. Kemudian, mereka melakukan perpindahan dan melakukan kegiatan yang sama. Akibatnya, daerah yang tandus semakin luas dan lama kelamaan terbentuklah gurun terluas, Gurun Sahara.
sahara_desert

Akan tetapi, beberapa peneliti melalui penelitian yang panjang menyebutkan bahwa Gurun Sahara dapat dikembalikan pada kondisi awalnya. Para peneliti menemukan adanya dua lokasi yang berpotensi untuk subur kembali. Akan tetapi, vegetasi di kedua lokasi tersebut berada di ujung tanduk karena vegetasinya sangat tergantung pada umpan balik yang saling menguatkan diantara atmosfer dan vegetasi tersebut. Para peneliti tersebut mengatakan bahwa dengan sedikit peningkatan curah hujan di Gurun Sahara yang disebabkan oleh pemanasan global dan diikuti dengan peningkatan vegetasi, Gurun Sahara akan kembali menjadi subur.

dune01

Akan tetapi, tahukah anda ? Penghijauan Gurun Sahara akan benar-benar terjadi di masa depan. Hal ini telah lama diketahui karena telah tertulis di dalam Al-Qur’an yang diturunkan 14 abad silam. Di dalam Al-Qur’an tertulis bahwa “Gurun Sahara akan kembali subur” yang menjadi pertanda bagi semua orang bahwa kiamat besar sudah sangat dekat. Hal ini sudah mulai terlihat dengan adanya curah hujan yang mancapai hampir 10 kali lipat dari curah hujan biasa di Gurun Sahara yang telah menyebabkan banjir di Gurun tersebut, hal ini sangatlah membingungkan para ilmuwan, apalagi menurut hasil penelitian, curah hujan tersebut semakin meningkat dari tahun ke tahun. Maka sangat wajar jika suatu saat Gurun Sahara akan kembali menjadi hutan yang hijau suatu saat nanti. SUBHANALLAH ! MAHA SUCI ALLAH!

sumber unik 77.tk


Responses

  1. oke deh

  2. gurun itu baik utk makanan si kecil. asalkan di campur sama susu dan koko krunch

  3. hm…sebuah gurun yang terluas di dunia akan kembali menjadi subur..
    wow…keren deh..

  4. tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah
    “Kun Fa yakun..”

  5. “Memang Allahlah yang mempunyai kehendak dialam jagad raya ini dan manusia hanya memohon dan berusaha”Subhanaulaoh”

  6. “Maha suci Allah dengan segala ciptaan_Nya”
    Manusia patut mensyukuri atas segala nikmatnya.

  7. “Memang Allahlah yang mempunyai kehendak dialam jagad raya ini dan manusia hanya memohon dan berusaha”Subhanaulaoh”
    Syukurilah atas segala nikmat yang Allah berikan”.

  8. wow………………keren bang……….!!!!!!!!!

  9. masak cuma bilang keren….kalian kira tecnoligi……..subhanaloh allah punya kuasa………bukan hal yang sulit,,,,bg allah menyuburkan gurun sahara……yg sepnjg abad hanya pasirrrrrrr………….

  10. seperti biasa, dihubung hubungkan dan menclaim, agar kelihatan hebat and benar, padahal………

  11. subhanaloh…!

  12. subhanallah…….. maha suci allah..

  13. tks, hebat dan kagum saya ….

  14. gan, d Al Qurán surat keberapa yah?…. maap, saia blum hafal Al Qurán gan….
    Lumayan, buat bahan dakwah ke sesama teman2🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: