Oleh: rioardi | Februari 23, 2009

Giam Siak Kecil Diusulkan Jadi Cagar Alam Biosfer

giam-siakHutan produksi di Giam Siak Kecil dan Bukit Batu, Kabupaten Siak, Riau diusulkan agar dijadikan cagar biosfer oleh Sinar Mas Forestry. Pemasok bahan baku industri pulp dan kertas PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) tersebut mengalokasikan 72.255 hektar hutan produksi di kedua kawasan itu untuk digabung dengan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil seluas 84.000 hektar dan Suaka Margasatwa Bukit Batu seluas 21.500 hektar.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengidentifikasi kedua suaka tersebut menjadi rumah bagi 159 jenis burung, 10 jenis mamalia, 13 jenis ikan, delapan jenis reptile, dan 52 jenis tumbuhan langka yang dilindungi.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (20/2), Direktur SMF Soebardjo mengungkapkan, penggabungan kedua kawasan ini menciptakan areal inti cagar biosfer seluas 178.000 hektar. Ketua Komite Nasional Man and the Biosphere Indonesia yang juga Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Endang Sukara menambahkan, usulan SMF merupakan yang pertama kali berasal dari sektor industri. Ini awal yang baik bagi kalangan industri untuk peduli pada pelestarian keanekaragaman hayati, ujarnya.

Kompas.com

Iklan

Responses

  1. Tolong kirim profil giam siak kecil lengkap, terimakasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: