Oleh: rioardi | Januari 18, 2010

Menerima Pencarian Nama Latin Pohon-pohon Hutan

Assalamualaykum

untuk para mahasiswa kehutanan atau biologi atau yang lainnya yang punya masalah tentang nama latin pohon-pohon hutan.. admint menerima pencarian nama latin.. caranya isi aja coment atau kirim ke email:

rio.forestry@gmail.com

Thanks

Berdasarkan permintaan tentang nama pohon dan latin.. berikut saya lampirkan nama lokal pohon dan latinnya semoga membantu:

Famili Nama Latin Nama Daerah
Anacardiaceae Bouea macrophylla GRIFF Cipotah
Anacardiaceae Bouea sp.1 Spotah Gunung
Anacardiaceae Campnosperma aurioulata Hook Tumus
Anacardiaceae Canarium dentieulatum Kenapuren
Anacardiaceae Dracontomelon mangiferum BL. Kihing
Anacardiaceae Gluta renghas L Cik – cik
Anacardiaceae Gluta sp.1 Beras – Baras
Anacardiaceae Melanorrhoea wallichii Rengas
Anacardiaceae Melanorrhoea sp.2 Sitorngom
Anacardiaceae Melanorrhoea sp.1 Tangis – tangisen menci
Anacardiaceae Odina spp. Gorat – gorat
Anacardiaceae Spondias pinnata KURTZ Siap – siap
Anacardiaceae Spondias sp.1 Telurup
Annonaceae Polyltha hypoleuoa Bakbaken
Apocynaceae Alstonia sp.1 Ketepal
Apocynaceae Alstonia angustiloba Miq Meme
Apocynaceae Alstonia sp.3 Gecih
Apocynaceae Alstonia pneumatophora Back Goti
Apocynaceae Dyera castulata Hook Jelutung
Apocynaceae Dyera sp.1 Boang
Bignoniaceae Radermachera gigantea Miq Simarnapuran
Bombacaceae Ceiba pentandra L.Gaertn Gapuk
Bombacaceae Durio carinatus Arngah
Bombacaceae Durio oxleyarus Murr tenger
Bombacaceae Durio zhibetinus Murr Durian
Bombacaceae Durio sp.1 Tarutung Bulung
Burseraceae Canarium pilosua Benn Damar
Burseraceae Canarium sp.1 Semaue
Burseraceae Canarium sp.2 Kepeng
Burseraceae Dacryodes rostrata Paruh Enggang
Burseraceae Santiria oblongifolia Kabu – kabu
Burseraceae Stombocia javanica Kacang-kacang
Burseraceae Stombocia sp.1 Bogol
Caesalpiniaceae Crudia spp. Tembeski
Casuarinaceae Casuarina sumatrana Jungh Kayu Ketang
Combretaceae Terminalia copelandii Ketapang
Compositae Vernonia arborea Ham Sibernaik
Datistaceae Octomeles sumatrana Miq Binuang
Dipterocarpaceae Dipterocarpus kunstleri King Kruing
Dipterocarpaceae Dipterocarpus borneensis Lagan
Dipterocarpaceae Dipterocarpus sp.1 Asar Madat
Dipterocarpaceae Dryobalanops abnormis Kapur
Dipterocarpaceae Hope sangal Korth Cengal
Dipterocarpaceae Hopea dryobalanoides Damar Mata Kucing
Dipterocarpaceae Shorea bracteolata dyer Meranti Putih
Dipterocarpaceae Shorea sp.1 Berek
Dipterocarpaceae Shorea sp.2 Meranti Gembong
Dipterocarpaceae Shorea leprosula Miq Meranti Merah
Dipterocarpaceae Shorea laevifolia Sige – sige
Dipterocarpaceae Shorea macroptera Damar laut
Dipterocarpaceae Shorea sp.3 Gering
Dipterocarpaceae Shorea pauciflora King Ubar
Dipterocarpaceae Shorea platyclados Meranti Batu
Dipterocarpaceae Shorea sp.6 Pangi – pangi
Dipterocarpaceae Shoreasp.4 Piangi
Dipterocarpaceae Shorea mecistopteryx Ridl Meranti
Dipterocarpaceae Shorea uliginosa Berabas
Dipterocarpaceae Shorea sp.5 Meranti udang
Dipterocarpaceae Shorea teysmanniana Dyer Meranti kulit buaya
Euphorbiaceae Actephila spp. Katarasa
Euphorbiaceae Aleurites moluccana Kemiri
Euphorbiaceae Baccaurea griffithii HOOK. Bengkurung
Euphorbiaceae Claoxylon spp. Tongir – tongir
Euphorbiaceae Excoecaria agallocha L Buta – buta
Euphorbiaceae Macaranga javanica Sitarak
Euphorbiaceae Macaranga sp.2 Gundur – gundur
Euphorbiaceae Macaranga sp.1 Kecapet
Euphorbiaceae Macaranga triloba MUELL. Coping – coping
Euphorbiaceae Macaranga sp.3 Sung
Euphorbiaceae Mallotus barbatus Sibalik Angin
Euphorbiaceae Sapium baccatum Roxb Adulpak
Euphorbiaceae Sapium sp.1 Dulpak Ndeleng
Euphorbiaceae Sapium sp.2 Ortong
Euphorbiaceae Sindora leiocarpa Backer Rabah
Fabaceae Dialium indum L. Asam Tanin
Fabaceae Dialium sp.1 Riman
Fabaceae Elateriospermus tapus lemas
Fagaceae Castanopsis javanica Ordong – ordong
Fagaceae Castanopsis sp.1 Gatot-gatot
Fagaceae Lithocarpus sp.1 Kikembu
Fagaceae Lithocarpus sp.9 Bunga – bunga
Fagaceae Lithocarpus elegans Kecing Bunga
Fagaceae Lithocarpus sp.4 Mening – mening
Fagaceae Lithocarpus sp.5 Sernehe
Fagaceae Lithocarpus sp.10 Tuhur – tuhur
Fagaceae Lithocarpus sp.6 Guntung
Fagaceae Lithocarpus coopertus Kayu Uso
Fagaceae Lithocarpus sp.7 Dalung – dalung
Fagaceae Lithocarpus sp.11 Kecing Balanga
Fagaceae Lithocarpus sp.8 Miciangi
Fagaceae Lithocarpus sp.3 Turi – turi
Fagaceae Quercus sp.1 Pecing-pecing
Fagaceae Quercus subsericea A.Camus Kecing Batu
Flacourtiaceae Pangium edule Reinw Tuba – Tuba
Guttiferae Garcinia mangostana Manggis Hutan
Guttiferae Garcinia parvifolia Kandes
Guttiferae Jackia ornata Wall Kayu air
Hypericaceae Cratoxylon arborescens Bronggang
Lauraceae Beilschimedia sp.1 Tenggolen
Lauraceae Beilschimedia sp.2 Rimo – rimo
Lauraceae Cinnamomum parthenoxylon Bair
Lauraceae Cinnamomum sp.8 Celuruk
Lauraceae Cinnamomum javanicum Sitelu Uruk
Lauraceae Cinnamomum sp.1 Berade
Lauraceae Cinnamomum sp.12 Cemon cemon
Lauraceae Cinnamomum sp.10 Medang Bunga
Lauraceae Cinnamomum sp.14 Sampulalae
Lauraceae Cinnamomum sp.2 Unjung Damar
Lauraceae Cinnamomum sp.6 Kulit Manis
Lauraceae Cinnamomum sp.9 Medang Kersik
Lauraceae Cinnamomum sp.3 Modang putih
Lauraceae Cinnamomum sp.7 sawal
Lauraceae Cinnamomum sp.4 Jambu  jambu
Lauraceae Cinnamomum sp.5 Mandu amas
Lauraceae Cinnamomum sp.13 manis-manis
Lauraceae Dehaasia caesia Medang Sanggar
Lauraceae Dehaasia sp.9 Baning-baning
Lauraceae Dehaasia sp.1 Benang Kuning
Lauraceae Dehaasia sp.2 Kubang
Lauraceae Dehaasia cuneata Medang kuning
Lauraceae Dehaasia sp.8 Modang monyet
Lauraceae Dehaasia sp.5 Ndelaing
Lauraceae Dehaasia sp.4 Ndelit
Lauraceae Dehaasia sp.6 Kut-kuten
Lauraceae Dehaasia sp.7 Medang landit
Lauraceae Litsea sp.10 Badir
Lauraceae Litsea sp.7 Kayu kersik
Lauraceae Litsea sp.11 Mberawas
Lauraceae Litsea ordorifera Medang Solar
Lauraceae Litsea sp.2 Buturen
Lauraceae Litsea sp.10 Cincin Urat
Lauraceae Litsea sp.8 Gelip
Lauraceae Litsea sp.1 kerten
Lauraceae Litsea sp.6 Koletasu
Lauraceae Litsea sp.12 Kurasar
Lauraceae Litsea sp.15 Martualu
Lauraceae Litsea amara Blurne Medang
Lauraceae Cinnamomum sp.11 Modang merah
Lauraceae Litsea sp.13 Ndri
Lauraceae Litsea sp.14 Pistri
Lauraceae Litsea sp.4 Sumari
Lauraceae Litsea sp.6 Tasu
Lauraceae Litsea sp.5 Teruten
Lauraceae Shorea platyclados Medang Batu
Leguminosae Koompassia excelsa Taub Tualang
Leguminosae Koompassia malaccensis Tuma – tuma
Leguminosae Koompassia malaccensis Maing Kompas
Leguminosae Ormosia sp.1 Simarin balang
Leguminosae Ormosia sumatrana Simari Batu
Leguminosae Parkia singularis Miq Kabo
Leguminosae Parkia speciosa Petai
Leguminosae Sindora wallichi Graham Tapa – tapa
Magnoliaceae Aromadendron elegans Modang Hitam
Melastomataceae Urtica spp Latong
Meliaceae Aglaia argantea Banga Kera
Meliaceae Aglaia tomentosa Langsat Hutan
Meliaceae Baccaurea sp.1 Jentikkin
Meliaceae Baccaurea macrocarpa Otor – otor
Moraceae Ficus gibbosa Kaya ara
Moraceae Ficus sp.2 Make
Meliaceae Toona sp.2 Lipora
Meliaceae Toona sp.1 Remperah
Moraceae Artocarpus elastious Ranw Kasumpat
Moraceae Artocarpus elastica Terep
Moraceae Artocarpus rigidus Cempedak
Moraceae Artocarpus sp.1 Doko – doko
Moraceae Artocarpus integra Nangka Hutan
Moraceae Ficus benjamina Beringin
Moraceae Ficus sp.1 Ficos/Pencilik
Moraceae Ficus grossulariodes BURM Rahu
Myristicaceae Horsfieldia irya Warb Daro-daroh
Myrtaceae Decaspermum fruticosum Forst. Benten
Myrtaceae Eugenia spp. Nggacip
Myrtaceae Melaleuca leucadenron Gelam
Myrtaceae Rhodamnia sp.1 Baja
Myrtaceae Rhodamnia cinerea Jack Kubang – Kubang
Myrtaceae Rhodemnia sp.2 Kayu Batu
Nyssaceae Litsea firma Sangketan
Nyssaceae Nyssa javanica Bahing – bahing
Olaceae Strombosia javanica Gersap
Rosaceae Parastemon urophillum Kelet
Rubiaceae Gardenia tubifera Alban
Rubiaceae Petungah spp. Kopi – Kopi
Rubiceae Anthocephalus cadamba Kalompean
Rubiceae Cinchona sp.2 Alngit
Rutaceae Zanthoxylum rhetsa (ROXB.)DC Guranci
Sapindaceae Nephelium malaiense. Cambukbuken
Sapindaceae Nephelium lappaceum Rambutan
Sapindaceae Pometia tomentosa Kongkir
Sapotaceae Palaquium gutta Meang
Sapotaceae Palaquium sp.4 Meang Baka
Sapotaceae Palaquium sp.3 Meang Kuning
Sapotaceae Palaquium sp.1 Meang susu
Saurauiaceae Saurauia sp.1 Sosopan
Saurauiaceae Saurauia sp.2 Endet
Simaroubaceae Irvingia malayana Ndeleng
Simaroubaceae Irvingia sp.1 Laddorong
Staphyleaceae Heritiera simplicifolia.1 Lesi – lesi
Staphyleaceae Heritiera simplicifolia.2 Mesi – mesi
Sterculiaceae Sterculia macrophylla Vent Tapak gajah
Styracaceae Styrax benzoin Kemenjen
Theaceae Adinandra dumosa Miq Api – api
Theaceae Adinandra sp.1 Linggahang
Theaceae Eurya sp.1 Leba
Theaceae Eurya sp.2 Raru
Theaceae Gordonia multinervis KING. Daudakka
Theaceae Gordonia sp.1 Tarsandeleng
Thymelaeaceae Aquilaria moluccensis Oken  Gaharu
Urticaceae Boehmeria glomerutifolia MIQ nderung

Nama latin daerah dan latin diatas adalah nama latin yang ada di sumatera utara dan aceh.. untuk lebih lanjut kirim aja ke email or fb: rio.forestry@gmail.com

About these ads

Responses

  1. kami lagi mencari nama-nama pohon

  2. nama pohon apa??

  3. mas saya lagi cari 50 buah nama latin Pohon hutan dan pohon apa yang cocok untuk daerah sangat kering

  4. nama2 pohon ntu pntg bgt tuk tgas kul

  5. mas tolong dong,
    saya di ada tugas untuk nyari 100 nama ilmiah pohon

  6. man nama pohonnya??

  7. Nama daerah dari pohon Paimenia apa yah ??

  8. Ups…sorry bukan Paimenia tapi Paumenia

  9. maz nma latin tucccc apzZ??

  10. tolong crkan nama latin pohon semangkok, urat mata, johar

  11. tolong crikan nama2 pohon dgn nma latinnya serta familinya,,,,,

  12. kalau bisa ada artikel baru di situs ini ini biar lebih jelas dengan gambarnya. atau mungkin itu menjadi rahasia karna jaman sekarang siapa mencari ilmu harus bayar karna ilmu itu kita beli jadi siapa yang mau ilmu harus beli.

  13. saya ada cari nama latin pohon raja yang diameternya mencapai 100 apakan masih ada atau tidak kalau ada tolong di kirim ke alamat email saya tapi saya pikir pohon pohon seperti itu sudah Punah apakah betul atau tidak?

  14. masalah nama nama pohon

  15. pencariannama nama latin di hutan

  16. kakak, tolong carikan donk 10 nama latin dari pohon-pohon yang ada di hutan-hutan.. butuh banget…

  17. ka2k tlong carikan 15 nama latin pohon2 yang ada di hutan, pleace!!!!!!!!!!!

  18. Salam. Nama latin dari pohon ate itu apa ya? (sering digunakan untuk bahan kerajinan anyam dari lombok). Terimakasih.

  19. Salam, nama latin “pohon karet korea” & “pohon kamper” apa ya?. terima kasih

  20. man bs mnta tolong carikan nama lokal pordias plendisima klo tulisannya gak salah ata yg mirip ama nama latin itu,, ama familix kalo ada,,
    dmhon bantuannya,, salam

  21. om admin kayu aru yg gimana ya,,,bhs latinnya apa,,? makasih

  22. nama latin manggis hutan apa ya,…

  23. Garcinia mangostana!!

  24. Mas,,, minta infonya dunk,,, klo mana ilmiahnya pohon sabiyayn, kosoq, jepun cina, kasol ma boyotan,,,ini nama daerah jenis pohon yang ada di Rinjani,,,,

    Makasih,,,,

  25. kok cendana ga ada yaah…

  26. Mas, bisa bantu cariin nama latin pohon Bejawas nggak mas???please..Udah dicari2 sampe nyerah masih aja blm dapet nama latinnya, jadi nggak tau datanya deh..please ya mas..

  27. kakak kalau masih ada nama2 latin pohon lain lagi,,,,Ya?????

  28. Yth Bapak Rio
    Saya lagi melaksanakan penghijauan di Perusahaan tempat saya bekerja.
    Saya membutuhkan nama latin dari pohon yang saya tanam antara lain ;
    1. Alpukat
    2.Sawo Kecik
    3.Manggis
    4.Pete
    5.Sukun
    6.Kemiri
    7.Jambu Mete
    8.Sirsak Ratu
    9.Kenari
    10. Gayam
    11.Juwet
    12.Gandaria
    13.Lychi
    14.Srikaya Bangkok
    Demikian permohonan saya atas segala perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Sukabumi,10 Mei 2011
    Hormat saya

    Sehabudin Ars

  29. penjelasanya dung-

  30. saya lagi nyari nama indonesia nya yang lazim untuk nama latin ini apa ya?

    1. Dalbergia Cochichinensis
    2. Dalbergia Oliveri
    3. Afzelia Xylocarpa
    4. Pterocarpus Pedatus

    Makasi ya pak atas bantuannya

  31. hahaha keren wak blog’mu. sukses terus y Pak Botanist . . .

  32. tetep kontak pak. kali-kali bagi-bagi saya bisa sharing

  33. KK bisa g’ lampirkan jenis daunnya……
    plu banget neee….

  34. saya lagi cari list pohon apa saja di kalimantan.. family-nama lokal-nama latin.tlg bantuannya mas rio. thnks

  35. pak saya mw nama pepohonan dan bahasa latinnya.
    sudah ada diatas tapi nama pohonan dalam bahasa indonesianya saya juga butuh pak untuk tugas kuliah.
    sblmnya mksh

  36. maz tolong carikan 10 pohon dan nama latinnya serta manfaatnya

  37. Mas,,tau tanaman ” DAUN GENI ” gak,,ituh nama sunda nya . .

    kalau umum ny apa ya’???

    Please,,saya sangat butuh daun itu buat obat . .

    Thank’s before . . .

  38. bisa tau nama umumnya nggk dri nama2 pohon diatas?

  39. bang, kurang banyak nama pohonnya ma nama latinnya, aq ada tugas buat nyari dan menghapal nama latinnya. dan ada gak tipsnya cara menghapalkan nama latin pohon tuh????

  40. syalom bang rio

    tolonglah bang nama-nama latin dari pohon-pohon yang berusia 10 tahun ke atas apa-apa saja??

    makasih ya bang..

    GBU

  41. saya mahasiswa kehutanan smester 2
    mau tanya maksud nama-nama latin yang ada SP 1
    SP 14 dan yg lain, itu apa yaaa.
    saya g ngerti.
    tolong di jelasin yaa

  42. sp itu tandanya spesies yang belum teridentifikasi nama latinnya secara lengkap..

  43. Dear Rio,

    Makasih banget ada blog ini, cukup membantu saya.
    Saya bekrja di bidang ekspor kayu dalam bentuk mebel dan rumah kayu, untuk rumah kayu saya mengexplor kayu-kayu besar dari kalimantan seperti kempas, marsawa, dll, buyer saya sering bertanya mengenai technical name dr kayu2 tersebut.
    Dari blog ini saya bisa menjawab perntanyaan mereka.

    Thanks a lot

  44. saya mau tanya nama latin nya…. pohon hutan… kayu parut dan kayu belawan merah (asal kalimantan ) tks
    best regards
    bahar

  45. saya mau tanya nama latinnya shorea retusa apa ya serta familinya dan penyebarannya, juga famili shorea macroptera. thx

  46. maaf maksudnya nama daerah shorea retusa apa ya?baik penyebaran, tata namanya dan juga shorea macroptera. thx

  47. All shorea semuanya family Dipterocarpaceae, penyebarannya di hutan pegunungan di Indonesia

  48. mas
    tlong saya donk
    saya px tgas nie
    di suru cari kata ilmiah dri dlm kehutanan / poho – pohon

  49. maaf mau tanya. nama lain dari cinnamomum coriaceum apa yaa??
    thanks..

  50. kalau yang pohon gaharu itu : aquilaria malaccensis atau aquilaria malaccensis oken ?

  51. gimana sih kok artinya gak ada,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  52. mksi ya ats bantuannya aq perlu banget nie…..

    tp gk ada artinya…???

  53. Ass… pak saya mau nanya nama pohon gaharu dalam bahasa aceh apa?

  54. 31, and the size of its battery. The physical structure and operation of the phone is made from the same issues that come cam sex
    up in the profession. For all its glitz and glamor, the
    weather app on the Sensation were for the most part the validity information
    seems to be large enough and diverse enough to be adequate.

  55. candan

  56. nama-nama latin pohon yang z cari knapa ko ngga ada di….

  57. Mohon info bahasa Indonesia dan Ilmiah Sikkam atau Holat dong……..

  58. Hi, i think that i saw you visited my site so i came to “return the favor”.
    I’m trying to find things to improve my site!I suppose its ok to use some of your ideas!!

  59. minta carikan nama-nama pohon dan latinnya khas kalimantan ( borneo ) dong..

  60. makasi bg rio

  61. menurut saya nama lokal atau nama daerah dipakai untuk menentukan nama ilmiah spesies tumbuhan tidak akurat, karena satu nama ilmiah bisa mempunyai banyak nama daerah/lokal, atau sebaliknya satu nama daerah bisa mempunyai banyak nama ilmiah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: