Oleh: rioardi | April 28, 2009

60 Persen Penduduk Indonesia Terancam Perubahan Iklim

JAKARTA–MI: Kehidupan 136 juta atau 60 persen masyarakat Indonesia yang bertempat tinggal di wilayah pesisir terancam oleh perubahan iklim.

“Kita (Indonesia) yang paling terancam karena penduduknya padat, 60 persen tinggal di pesisir dengan kesejahteraan relatif kurang,” kata Direktur Pesisir dan Lautan Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), Ida Kusuma W, Jakarta, Selasa (28/4).

Ida mengatakan dengan tingkat pendidikan yang juga relatif kurang maka akan lebih sulit memberikan penjelasan pentingnya mitigasi bencana. “Kalau yang berpendidikan pasti ikut kalau dibilang mundur 100 meter dari bibir pantai. Mereka yang di pesisir akan lebih sulit,” ujar dia.

Dengan meningkatnya suhu bumi akibat efek rumah kaca, menimbulkan perubahan iklim yang memberikan ancaman terhadap masyarakat yang hidup di pesisir akibat meningginya permukaan air laut.

“Kita sadari perubahan iklim berdampak pada semakin buruknya kondisi ekosistem dan laut yang telah terdegradasi. Kondisi ini menjadi semakin parah,” kata Ida.

Menurut dia, peningkatan muka air laut dan sistem cuaca yang membuat rob wilayah pesisir menyulitkan rehabilitasi mangrove hingga padang lamur.

Padahal, hutan mangrove dan padang lamur menjadi tempat ikan yang biasa ditangkap nelayan kecil berkembang biak. Kondisi ini semakin mengancam ketersedian protein dan mata pencarian bagi nelayan.

Atas dampak pemanasan global tersebut diperlukan gerakan serempak di dunia untuk mencegah dampak perubahan iklim dan mengurangi efek rumah kaca tersebut.

Konferensi Kelautan Dunia (World Ocean Conference/WOC) yang berlangsung dari 11-14 Mei 2009, di Manado, bertujuan menghasilkan Deklarasi Kelautan Manado (Manado Ocean Declaration/MOD) yang menjadi komitmen politik dunia untuk memerangi dampak perubahan iklim melalui laut.(Ant/OL-04)

About these ads

Responses

  1. baagus..

  2. semoga ana salju , dadi q bisa dolanan seluncuran


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: