Oleh: rioardi | April 19, 2009

Sunat Lindungi Pria dari PMS

Sunat tak hanya melindungi kita dari HIV, melainkan juga mencegah tertular penyakit menular seksual (PMS). Demikian hasil temuan baru para ilmuwan.

Dikatakan, sunat pada pria dapat mengurangi risiko infeksi virus HPV atau human papillomavirus hingga 35 persen dan herpes 28 persen. Meski begitu, para ilmuwan menegaskan, sunat tetap tidak berpengaruh pada penyakit seperti syphilis.

Penelitian besar di tiga negara Afrika termasuk Uganda sebelumnya menunjukkan bahwa sunat mengurangi risiko terinfeksi virus AIDS hingga 60 persen. Penelitian baru dari Uganda selanjutnya menyatakan bahwa sunat juga melindungi pria dari tiga jenis PMS lain. Temuan ini dipublikasikan di Jurnal Kedokteran New England.

“Sekarang benar-benar terbukti bahwa sunat mempunyai arti penting bagi pencegahan dan harus disosialisasikan lebih luas,” jelas Matthew Golde dan Judith Wasserheit dari Universitas Washington.

Menurut survei National Center for Health Statistics, di seluruh dunia, hanya 30 persen pria yang disunat, terbanyak ada di Amerika Serikat. Sebanyak 79 persen pria disunat di negeri Paman Sam ini. Para ilmuwan selanjutnya berencana akan meneliti apakah sunat juga bisa mengurangi penyebaran HPV pada wanita.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: