Oleh: rioardi | April 17, 2009

Spesies Lumut Baru Bernama Obama

lumutCALIFORNIA – Ilmuwan telah menemukan spesies lumut baru. Uniknya, penamaan lumut ini mencatut nama belakang Presiden AS Barack Obama.

Kepala Museum Lumut Riverside Herbarium, Kerru Knudsen dari University of California, menemukan jenis lumut terbaru ini ketika melakukan survei tentang keragaman tanaman lumut di Santa Rosa Island, California pada 2007 lalu.

“Saya menamakannya Caloplaca obamae sebagai wujud apresiasi saya terhadap presiden, karena beliau telah mendukung dunia sains,” ujar Knudsen. “Ketika saya membuat kumpulan riset terakhir tanaman lumut ini, bertepatan dengan saat minggu terakhir kampanye Presiden Obama dalam pemilihan kandidat Presiden AS,” tambahnya.

Sebagaimana dilansir dari Live Science, Jumat (7/4/2009), Caloplaca obamae tumbuh pada tanah. Populasinya saat ini hampir punah karena terancam oleh keberadaan rumah-rumah peternakan di Santa Rosa Island yang mencapai hingga 100 lahan.

“Spesies ini tidak dapat bertahan hidup pada tanah pertanian dan rusa di Santa Rosa Island,” ujar Knudsen. “Namun dengan dikuranginya jumlah rumah peternakan dan populasi rusa akan membantu kelestarian spesies baru ini,” ternag Knudsen.

Menurut hasil penelitian, lumut ini dihasilkan oleh jamur dan ganggang yang hidup bersama. Terdapat sekira 17 ribu spesies lumut di seluruh dunia, 1.500 spesies di antaranya berasal dari California. Sementara 300 spesies lumut banyak ditemukan di Santa Rosa Island, hal ini tidak mengherankan karena rupanya lumut adalah tanaman asli yang tumbuh di daerah tersebut.

“Penemuan C. obamae memberitahukan kepada kita bahwa terdapat spesies lumut dan tanaman unik lainnya di Santa Rosa Island yang punah. Keberadaan mereka mungkin saja belum sempat diketahui oleh dunia sains karena terkalahkan oleh adanya peternakan domba yang mulai marak pada era 1850,” pungkasnya.

About these ads

Responses

  1. wah saya kira yg nemuin Pak Obama…:-)

    nice info deh….

  2. SEHARUSNYA PEMDA DKI JAKARTA MENUTUP
    PT CAHAYA ABADI LAUNDRI DI JLN PANJANG CIDODOL
    NO 109 RT 03 RW 13 KEB LAMA JAKSEL
    MILIK H HENDRIK…….!

    KEPADA YTH
    DIREKTUR ESEKUTIF
    REDAKSI LIPUTAN 6 COM
    DI
    TEMPAT.

    JAKARTA JUMAT 12 FEBRUARI 2010

    SALAM SEJAHTERA,
    MEMBACA UNDANG UNDANG NO 32 TAHUN 2009 BAB XI PERAN MASYARAKAT PASAL 70 AYAT 1) MASYARAKAT MEMILIKI HAK DAN KESEMPATAN YANG SAMA DAN SELUAS-LUASNYA UNTUK BERPERAN AKTIF DALAM PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP.AYAT 2) PERAN MASYARAKAT DAPAT BERUPA :
    A) PENGAWASAN SOSIAL
    B) PEMEBRIAN SARAN PENDAPAT, USUL KEBERATAN , PENGADUAN DAN /ATAU
    C) PENYAMPAIAN INFORMASI DAN ATAU LAPORAN.
    SEKALIGUS BAB XV KETENTUAN PIDANA PASAL 97 TINDAK PIDANA DALAM UNDANG UNDANG INI MERUPAKAN KEJAHATAN. PASAL 98 AYAT 1 SETIAP ORANG YANG DENGAN SENGAJA MELAKUKAN PERBUATAN YANG MENGAKIBATKAN DILAMPAUINYA BAKU MUTU UDARA AMBIEN ,BAKU MUTU AIR, BAKU MUTU AIR LAUT, ATAU KRITERIA BAKU KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP , DIPIDANA DENGAN PIDANA PENJARA PALING SINGKAT 3 (TIGA) TAHUN DAN PALING LAMA 10 (SEPULUH) TAHUN DAN DENDA PALING SEDIKT RP 3.000.000.000,00(TIGA MILYAR RUPIAH ) DAN PALING BANYAK 10.000.000.000,00 (SEPULUH MILYAR RUPIAH)

    AYAT 2 APABILA PERBUATAN SEBAGIMANA DIMAKSUD PADA AYAT (1) MENGAKIBATKAN ORANG LUKA DAN/ATAU BAHAYA BAHAYA KESEHATAN MANUSIA , DIPIDANA DENGAN PIDANA DENGAN PIDANA PENJARA PALING SINGKAT 4 (EMPAT) TAHUN DAN PALING LAMA 12 (DUA BELAS) TAHUN DAN DENDA PALING SEDIKIT RP 4.000.000.000,00 (EMPAT MILYAR RUPIAH) DAN PALING BANYAK RP 12.000.000.000,00 (DUA BELAS MILYAR RUPIAH)

    AYAT 3 APABILA PERBUATAN SEBAGAIMANA DIMAKSUD PADA AYAT (1) MENGAKIBATKAN ORANG LUKA BERAT DAN MATI , DIPIDANA DENGAN PIDANA PENJARA PALING SINGKAT 5(LIMA) TAHUN DAN PALING LAMA 15 (LIMA BELAS) TAHUN DAN DENDA PALING SEDIKIT RP 5.000.000.000,00(LIMA MILYAR RUPIAH) DAN PALING BANYAK RP 12.000.000.000,00 (LIMA BELAS MILYAR RUPIAH)

    KAMI ATAS NAMA DEWAN PENGURUS WILAYAH KONTAK BUDAYA KOMUNIKASI INDONESIA DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA (DPW KOBUKI DKI JAKARTA ) SEHUBUNGAN DENGAN ADANYA LIMBAH ASAP YANG DIHASILKAN DARI PENCUCIAN JEIN OLEH PT CAHAYA ABADI LAUNDRI DI JLN PANJANG CIDODOL NO 109 KEL GROGOL SELATAN KEC. KEBAYORAN LAMA JAKARTA SELATAN . YANG DIDUGA MENGAKIBATKAN SEBAGIAN WARGA DISEKITARNYA MENGALAMI GANGGUAN SESAK NAFAS DAN SAKIT SEMENTARA HAL TERSEBUT ADALAH WEWENANG PEMDA DKI JAKARTA SESUAI DENGAN UU RI NO 32 TAHUN 2009 DAN PERDA NO 2 TAHUN 2005.

    HARAP DI SAMPAIKAN PADA SEGENAP AKTIVIS PERS DAN GUBERNUR DKI JAKARTA DAN STRUKTUR DI BAWAHNYA .

    DEWAN PENGURUS WILAYAH
    KONTAK BUDAYA KOMUNIKASI INDONESIA
    DEARAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
    (DPW KOBUKI DKI JAKARTA)

    TERTANDA
    H ANIS
    PEMBINA DPW KOBUKI DKI JAKARTA

    SALAM DARI KAMI LSM KOBUKI


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: