Oleh: rioardi | Februari 25, 2009

REGOLITH, HORISON A,B DAN C TANAH

impactsoilRegolith adalah bagian atas tanah dimulai dari bagian atas batu-batuan yang telah mengalami pelapukan hingga batuan induknya yang praktis belum mengalami pelapukan. Bagian ini tebalnya hanya beberapa cm saja ataupun beberapa meter saja. Bagian atas regolith pada hakikatnya baru masih merupakan bahan induk tanah, dan tanah dibangun daripadanya oleh mikro dan makroflora yaitu mikro dan makrofauna yang dilanjutkan oleh tumbuh-tumbuhan tingkat tinggi.

Regolith mempunyai tiga horison :yaitu horison A, Horison B, dan Horison C
a.Horison A,
yang dimaksud Horison A yaitu bagian atas dari regolith yang berpenghuni mikro dan makroflora.mikro dan makrofauna banyak mengandung sisa-sisa tubuhnya serta sisa-sisa tanaman, mengandung humus, berwarna kelam muda sampai tua. Horison A inilah yang merupakan yang sebenarnya yang dapat dimanfaatkan bagi tanaman pangan (penghasil zat karbohidrat, lemak dan Protein)

b. Horison B
Air hujan umumnya melakukan pencucian bagian-bagian yang halus yang terdapat pada Horison A, yang selanjutnya mengalir kebawah dan mengendap pada suatu lapisan yang disebut Horison B. Lapisan ini tebalnya sekitar 1 m sampai 2 m, umunya banyak menyerap air, tidak mengandung bahan organis, tetapi banyak mengandung zat mineral karena terendapkan air kebawah.

c. Horison C
Batu induk terletak dibagian bawah horison A dan B. Antara Horison B dan batu induk terdapat suatu lapisan yang terbentuk karena pelapukan-pelapukan batu induk. Lapisan ini selain banyak mengandung batu-batuan (ukuran besar hingga kecil) yang permukaan tengahnya juga melapuk, juga zat-zat mineral. Lapisan ini tidak mengandung bahan organis.

Horison A,B dan C sampai pada batu induk lazim disebut pembentukan profil tanah. Horison A penting sekali bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman pangan yang berumur pendek. Horison B dan C biasanya dijadikan tempat pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang berumur panjang dan perakaran yang dalam.

Sumber :

Sutedjo m, kartossapoetra A.G.,1987. Pengatar Ilmu Tanah (terbentuknya tanah dan tanah pertanian. Bina Aksara. Jakarta

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: