Oleh: rioardi | Februari 22, 2009

Ular Raksasa di Kalimantan Mirip Legenda Ular Kuno Nabau

Assalamualaikum

snakedlmBARU-BARU ini, muncul sebuah foto udara yang membuat heboh Malaysia. Seekor ular raksasa berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan yang masuk wilayah Malaysia. Hiii…
Sebuah foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis yang dikelilingi oleh hutan gambut. Ular berwarna hitam itu sangat besar, hampir memenuhi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Air beriak di kiri kanannya. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter, 11 Februari 2009 lalu.
Foto itulah yang menjadi perdebatan luas di Malaysia saat ini. Kalimantan memang memiliki ular-ular raksasa. Namun selama ini, ular yang besar yang baru ditemukan adalah sejenis sanca atau python atau masyarakat Kalimantan menyebutnya ular sawah, yang panjangnya belasan meter.
Namun ular yang terlihat di foto dan beredar luas di internet, termasuk Youtube, jauh lebih panjang dan besar dibanding temuan python selama ini. Diperkirakan panjangnya 100 kaki atau sekitar 33 meter.
Gambar tersebut diambil oleh anggota tim wilayah bencana banjir yang kemudian diterbitkan oleh Utusan Sarawak, sebuah koran lokal, pekan lalu. New Straits Times di Kuala Lumpur, juga memuat foto tersebut yang kemudian dirilis oleh The Telegraph, Inggris.
Ada juga yang tidak mempercayai foto itu dan menganggapnya rekayasa semata. Hal ini karena terlalu jauhnya pengambilan gambar ular tersebut. Benar atau tidak, foto itu sudah membuat masyarakat di sekitar Serawak, khususnya Sibu, ketakutan. Sebab, sungai itu merupakan urat nadi transportasi masyarakat selama ini.
Berdasarkan legenda yang hidup di masyarakat setempat, memang dipercaya tentang adanya anaconda di kawasan tersebut yang bernama Nabau. Menurut kepercayaan, Nabau merupakan ular dengan panjang 80 meter dengan kepala naga dan tujuh lubang hidung. Masyarakat desa yang tinggal di sungai Baleh Borneo mempercayai makhluk mistik tersebut. Selain itu, masyarakat memang sering melihat ular-ular besar di kawasan itu.
Nah, pertanyaannya, bila foto itu asli, apakah ular yang terlihat itu sejenis python atau anaconda? Hingga kini memang belum ditemukan adanya anaconda di Kalimantan, kecuali dalam film Anaconda: The Hunt For The Blood Orchid yang laris itu.
Rekor ular terpanjang saat ini memang anaconda (eunectes) dari Amazone. Anaconda merupakan keluarga boa. Panjang anaconda yang baru ditemukan adalah 50 kaki, namun para ilmuwan percaya ada anaconda yang panjangnya 80 kaki, bahkan 100 kaki dari temuan kulit ular tersebut oleh sebuah ekspedisi ilmuwan Inggris tahun 1992. Dalam keluarga anaconda, menurut situs lingkungan Mongabay, yang terbesar adalah anaconda hijau (Eunectes murinus). Panjangnya mencapai 43 meter.
Python Asia adalah ular terpanjang kedua. Ilmuwan menyebutnya Asiatic Reticulated Python (python reticulatus). Python terpanjang yang ditemukan di kawasan Kalimantan panjangnya 33 kaki, dan merupakan rekor dunia sanca terpanjang saat ini. Para ilmuwan percaya panjang python bisa mencapai 50 kaki atau sekitar 15 meter.
Bedanya, anaconda lebih langsing dan ahli berenang. Sementara python lebih gemuk dan hanya suka kelembaban, bukan di air. Anaconda menggigit mangsanya sampai mati sebelum menelan, sementara python menggunakan kekuatannya dengan membalut mangsa sampai tulang-belulangnya hancur atau tak bergerak lagi, kemudian ditelan bulat-bulat.
Awal Februari, para ilmuwan menemukan fosil ular seberat sebuah mobil kecil. Ular itu diperkirakan bisa melumat binatang seukuran sapi. Monster sepanjang 45 kaki bernama Titanoboa sangat besar dan hidup dengan memakan buaya dan kura-kura raksasa. Beratnya mencapai 1,25 ton. Ia biasa merayap di sekitar hutan-hutan tropis Amerika Selatan 60 tahun silam. (yan/berbagai sumber)

About these ads

Responses

  1. HANYA TRIK KAMERA ITU BOS..lagian ular terpanjang di dunia yang bisa di buktikan adalah Reticulatus

  2. mana mungkin ad ular besar kya gitu kalo ad pasti sudah ad pencarian dengan hadiah uang besar2an. abis g mungkin bayar rendah kalo ad cem monster gitu

  3. kalo titanboanya sih cucunya kali

  4. Aneh…maso sih ada ular sebesar itu he he he…

  5. Wah b5a jdi tuh,diparunk aj ad cobra spnjng 2 mtr,pa lg sanca pasti ad lah yg lbh gede lg

  6. bisa jg sih ada ular yang panjng smpai s’gtu,,

    mn qt tau,di dunia ini kan ga’ada yg ga mngkin..

  7. jangan kan sama ular segitu besar sama cacing aja aku udah takut

  8. Binatang yang paling saya takuti Ular dan Buaya. Apalagi kalo ada ular yang sebesar itu. BUSYETTTT……!

  9. Benar nda ya? Aku masih belum yakin.

  10. kasian tuh ular,…
    pasti kesepian…
    soalnye…temen2nya udah pada punah…
    die aje tetp hidup…
    merana….oh…merana…

  11. ah…
    gampang lou cma ular mah……..
    jng mnapiQ deh……
    cwe jmn skrng kn ular tuh pda di emutin……

  12. itu kayaknya kontol kakek gue yang berkeliaran di sungai kalimantan

  13. lo mo tawu tuh uler skrg lagi di rumh gwe, tuh lagi bobo`….hick..hick..

  14. ingatlah kepada Alloh SWT, semua hanya Alloh yang tahu. Subhanalloh..

  15. bongan tuhh cuma komputer jangan percaya kayagituan keliatan

  16. rahman parah

    kok sngai nya keliatan boongan ssssiiiiiihhhhhhh!?

  17. asli asli

  18. ya bersyukurlah kepada Allah yang menciptakan kita dan semua mahkluk di bumi ini, dan hanya Allah yang patut disembah

  19. gmbr trik jew 2

  20. hmm , Ularnya Keren BGT.. AK eprcaya Dengan gambar itu.. Karena KitapUN tak Mengetahui Hewan apa saja yang ada di Kedalaman Laut.. termasuk Ni Ular.. Gurita aja ada yang panjangnya 100 meter kok..

  21. ITUKAN KNTOL TMAN GW SI AGUS

  22. saya juga percaya adanya keajaiban

  23. haiiiiiiiiii semua warga negara tlg jga keindahan alam kita spy generasi mudah ke depan bisa menikmatinya…………

  24. ^ieuh…??

    ^n2 bneran pa bo”ng sih….?

  25. antara percaya n gak percaya..!

  26. ah yang bener setau aku yang ada juga uler sawah hehehe…………..8)

  27. Bila yg maha kuasa berkehendak tidak ada yg mustahil di dalam dunia ini,itulah salah satu tanda kekuasa annya,dari sekian banyak tanda-tandanya

  28. allahualam…!!!! ga ada yg tak mungkin…..!!! klw benar SUBAHANALLAH dan klw nda SUBAHANALLAH bagi yang merekayasa…

  29. http://www.yahoo.com

  30. ni ular bner da…
    crta dkt lh.
    blm lama tpatnya di belakang rmh ortu ku da seorg nenek ( ALM ).. dya sakit udh krg lbh 1 thn..
    badanya udh mati tapi nyawa ( penyawak ) mash hdup..
    crta org” penyawaknya di ambil olh nabau..

    hal ini terjadi krna trun menurn, adx beradek merka madi si suatu sungai dn saat selesa mdi salh studri mrka tepatnya pada bagian pha menmpl sbuh si”k ular. besar si”k tersbu lebh bsardi tlapak tangan org dwsa..
    olh kra itu stiap ktrn mrka yg mmgang si”k trsbut ssh untk mninggl.

  31. Hoax~~

  32. Hik hik hik….. itu hasil foto rekayasa orang iseng. Ane nggak percaya…100%.

  33. Sama kontolk msih gdean kontolku…

  34. *Sama kontolku msih gdean kontolku…

  35. besar nye…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: